Rabu, 20 April 2016

Tidak Bersih Setelah Kencing, Ini Ancamannya : Nauzubillah Min Zalik!




Syariat Islam sangatlah komplit mencakup seluruh aspek hidup dan kehidupan manusia. Semua perkara baik yang besar sampai pun yang kecil diatur di dalam agama yang mulia ini. Buang hajat dan air kecil pun di atur tata caranya menurut syariat.

Tahukah anda, bahwa ada ancaman serius dari Allah SWT bagi siapa saja yang tidak bersih dalam membersihkan sisa air kencing yang dia keluarkan saat dia di kamar mandi. Tidak tanggung-tanggung, ancamannya adalah siksa di dalam kubur.


Dalam hadist dibawah ini kita dapat mengambil pelajaran bahwa ada ancaman siksaan di dalam kubur jika kita tidak bersih dalam beristinja dan juga menunjukkan bahwa siksa di dalam kubur memanglah ada.




Hadits berikut disebutkan oleh Ibnu Hajar Al Asqolani dalam Bulughul Marom saat membahas bab “Buang Hajat”

. وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ – رضي الله عنه – قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – – اِسْتَنْزِهُوا مِنْ اَلْبَوْلِ, فَإِنَّ عَامَّةَ عَذَابِ اَلْقَبْرِ مِنْهُ – رَوَاهُ اَلدَّارَقُطْنِيّ وَلِلْحَاكِمِ: – أَكْثَرُ عَذَابِ اَلْقَبْرِ مِنْ اَلْبَوْلِ – وَهُوَ صَحِيحُ اَلْإِسْنَاد ِ

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Bersihkanlah diri dari kencing. Karena kebanyakan siksa kubur berasal dari bekas kencing tersebut.” Diriwayatkan oleh Ad Daruquthni.

Diriwayatkan pula oleh Al Hakim, “Kebanyakan siksa kubur gara-gara (bekas) kencing.” Sanad hadits ini shahih.

Semoga dapat menjadi bahan renungan kita semua. Namun jika memang kita mengalami penyakit yang selalu menjadikan air kencing kita menetes saat setelah berkemih, maka Lajnah Daimah Arab Saudi menyatakan bahwa boleh dia melanjutkan shalat karena uzur tersebut. Wallahu 'Alam.


Tidak Bersih Setelah Kencing, Ini Ancamannya : Nauzubillah Min Zalik! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Zuhafs

0 komentar:

Posting Komentar