Senin, 11 April 2016

Mematikan Lampu Ketika Tidur Banyak Manfaatnya, Ini Penjelasannya...




Banyak dari kita yang memiliki kebiasaan untuk mematikan lampu listrik ketika ingin tidur. Mereka merasa nyaman ketika lampu dimatikan. Tidak silau dan lebih nyenyak serta sejuk udara ruangannya karena memang dengan adanya lampu menambah panas ruangan tempat kita tidur.

Dalam pandangan ilmu sains modern, para ilmuwan menyarankan untuk juga mematikan lampu ketika ingin tidur. Mereka sampai-sampai melakukan penelitian akan hal ini. Dan disimpulkan bahwa bahaya dari menghidupkan lampu ketika kita tidur antara lain :


A. Laporan hasil penelitian OHIO STATE UNIVERSITY MEDICAL CENTRE menyatakan bahwa, tidur dengan keadaan lampu yang menyala dapat menimbulkan perubahan struktur pada otak dan menyebabkan depresi.

B. Hormon melatonin yang merupakan salah satu hormon kekebalan tubuh untuk pertahanan terhadap gangguan kesehatan berbahaya seperti kanker prostat dan kanker payudara tidak akan berproduksi jika anda tidur dengan keadaan lampu yang menyala. Adanya sinar atau cahaya akan membuat produksi hormon melatonin ini terhenti. Maka dari itu, sebaiknya matikan lampu anda ketika tidur malam hari.

C. Paparan cahaya lampu saat tidur malam hari juga tidak bagus bagi wanita karena dapat meningkatkan resiko terkena kanker payudara dan kanker usus besar bagi kaum wanita.

D. Tidur dengan lampu menyala juga dapat mengakibatkan jam biologis tubuh terganggu, akibatnya anda dapat terkena gangguan tidur, penyakit kardiovaskular dan gangguan metabolisme. Serta kemungkinan terkena diabetes yang mengancam hidup anda. (sumber : detik.com)



Namun tahukah Anda, bahwa kebiasaan mematikan lampu ini sudah jauh diberitahukan oleh Uswah/Contoh Teladan kita, Rasulullah SAW ber-abad-abad lamanya sebelum ilmu sains modern meneliti hal ini.

Rasulullah SAW sudah menganjurkan kita untuk selalu mematikan lampu ketika hendak tidur, mengunci pintu dan menutup bejana-bejana yang masih terbuka termasuk makanan dan minuman di meja hidangan rumah kita.

Dari Jabir bin 'Abdullah radhiyallahu 'anhu, dia berkata:

(أَطْفِئُوا الْمَصَابِيحَ بِاللَّيْلِ إِذَا رَقَدْتُمْ وَغَلِّقُوا الْأَبْوَابَ وَأَوْكُوا الْأَسْقِيَةَ وَخَمِّرُوا الطَّعَامَ وَالشَّرَابَ) رواه البخاري.

"Padamkanlah lampu-lampu di malam hari pada saat kalian tidur di malam hari, kuncilah pintu dan tutuplah bejana, makanan dan minuman." (HR. al-Bukhari)

Mengapa Rasulullah SAW tahu dan menganjurkan kepada kita akan hal-hal diatas padahal pada zaman beliau belum adanya penelitian ilmiah yang menjadikan kebiasaan-kebiasaan diatas bermanfaat bagi kita yang mengamalkannya?? Jawabannya adalah ada di firman Allah SWT di ayat berikut :

“Dan dia tidak berbicara menurut kemauan hawa nafsunya. Ucapannya itu tidak lain hanyalah wahyu yang diwahyukan (kepadanya).” (Qs. Al-Najm:3-4)

Semoga kita senantiasa menjalankan apa-apa saja yang sudah ditetapkan Allah SWT dan RasulNya, baik melalui Alquran dan Al Hadist, baik kita tahu manfaat yang akan di dapat dari mengerjakan hal tersebut ataupun tidak. Namun yang pasti bahwa apa-apa yang telah diperintahkan Allah SWT dan Rasulullah SAW adalah pasti baik untuk diri kita. Wa'allahu 'Alam


Mematikan Lampu Ketika Tidur Banyak Manfaatnya, Ini Penjelasannya... Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Zuhafs

0 komentar:

Posting Komentar